-->

Wednesday, January 18, 2012

Batas Aurot Laki-Laki dan Perempuan

Assalamualaikum....
Langsung saja ke pokok permasalahan tentang batas-batas aurat baik laki-laki maupun perempuan.

A. Batas Aurat Perempuan
Allah Berfirman: "Janganlah orang-orang perempuan menampakkan perhiasannya, melainkan apa yang biasa tampak dari padanya" (QS: An-Nur :31)
Nabi bersabda dalam hadist: "Rasulullah melarang wanita yang sedang ihrom memakai qofas (sarung tangan) dan niqob (tutup muka)". (HR Bukhari)

Aurat seorang perempuan atau wanita adalah seluruh bagian badan kecuali pada bagian wajah dan juga kedua telapak tangan baik di bagian atas atau bagian bawah telapak tersebut.
terus bagaimana dengan wanita yang memakai cadar?
ya tidak apa-apa memakai cadar ttapi menurut hadist di atas wanita yang memakai cadar harus di lepas ketika sedang ihrom.
terus ada pertanyan lagi bagaimana wanita yang tidak menutup auratnya? jawabanya sudah jelas bahwa menutup aurat bagi wanita itu wajib jadi jika membukanya adalah dosa. wanita yang membuka aurat yang berdalih bahwa itu adalah seni, terus tuntutan apa lah itu cuman alasan mereka saja, yang namanya wajib ya harus dijalani kalau tidak ya DOSA.

Aurat perempuan boleh di buka, di umbar-umbar itu boleh!!.. tapi bukalah dikamar sendiri diruangan tertutup yang tidak terlihat oleh orang lain.
Aurat perempuan boleh di buka, di umbar-umbar itu boleh!!  Tapi ketika sedang bersama dengan Suami sendiri tidak dengan orang lain

B. Batas Aurat Laki-Laki
“Aurat seorang mukmin adalah antara pusar dan lututnya". (HR Baihaqi)
"Tutuplah pahamu karena paha termasuk aurat”. (HR Imam Malik)

Menurut Mazhab Syafi’i, aurat pada laki-laki terletak di antara pusat dan lutut, baik dalam shalat, thawaf, antara sesama jenis atau kepada wanita yang bukan mahramnya.
Terus dari itu timbul pertanyaan, bagaimana orang yang main sepak bola, mereka cuman pakai celana pendek? Jawabanya kembali ke kita sendiri. memang sekarang ini pakaian bersepak bola kurang pas, kita bisa menilai sendiri bagaimana pakaian yang benar menurut islam.


Semoga Bermanfaat mohon maaf apabila ada salah....

2 comments:

detektif007 said...

terima kasih infonya,,,
kalo boleh tau ini sumbernya dari mana?

Syari'ah Islam Online said...

terima kasih, sangat bermanfaat sekali

Post a Comment

Template by:
Free Blog Templates